Kamis, 21 Mei 2009

Curug Cimahi

Kali ini petualangan saya sampailah sudah menuju sebuah air terjun yang terdapat diantara perbatasan antara Kota Bandung dan Kota Cimahi. Curug Cimahi nama air terjun tersebut. Curug Cimahi berasal dari kata curug (bahasa Sunda) yang berarti air terjun. Sedangkan kata Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang.

Obyek wisata ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1978, dengan menempati area seluas 2 hektar dan merupakan obyek wisata air terjun tertinggi di antara air terjun lainnya di Bandung, dengan ketinggian sekitar 85 meter.

Menurut cerita yang berkembang dalam masyarakat setempat, menadahkan badan di bawah siraman air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, terapi kesehatan, dan pembangkit aura. Sebab, air terjun tersebut memancarkan aura positif yang akan membantu meningkatkan energi tubuh dan memacu proses kesembuhan.

Lokasi Curug Cimahi sendiri cukup mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pintu masuk Curug Cimahi teletak tepat pada sebuah terminal angkot, sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya. Terdapat tempat parkir motor maupun mobil bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Pada pintu masuk Curug Cimahi kita dikenakan biaya sebasar Rp. 3.000,- untuk setiap orangnya. Bukan haraga yang tebilang besar untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Anda akan diberi tanda bukti tiket masuk tempat wisata sepeti terlihat di bawah ini.

Saya sendiri cukup heran karena pada tiket masuk biayanya hanya Rp. 2.500,- tetapi pada kenyataannya Rp. 3.000,- tetapi itulah Indonesia. Anggaplah kelebihannya menyumbang penduduk sekitar. Jalan menuju Curug Cimahi cukup curam yang berupa tangga yang cukup lumayan jauh dapat memakan waktu 10 menit.

Pada gambar diatas hanya ditunjukan beberapa anak tangga saja pada kenyataan masih terdapat berbagai anak tangga lainnya menuju ke Curug. Ketika berjalan di anak tangga tersebut anda akan diasmbut dengan berbagai ucapan selamat datang di Curug Cimahi seperti yang terlihat di bawah ini.

Pada saat perjalanan menuju kebawah lembah kita sudah dapat menikmati keindahan Curug Cimahi. Bagi anda yang ingin beristirahat ketika menuruni atau menaiki anak tangga yang ada. Disediakan tempat berteduh dan terdapat warung yang menjual makanan dan minuman.

Jika anda beruntung anda akan menemukan kehidupan alam liar yang terdapat di daerah Curug Cimahi. Banyak monyet yang bermukim di sekitar hutan yang mengelilingi Curug Cimahi. Tetapi anda harus berhati-hati dan tidak memberikan makanan karena dikhawatirkan monyet-monyet tersebut akan merebut makanan anda.

Selain itu pada saat perjalanan menuju Curug kita dapat menikmati indahnya pemandangan bebatuan yang terdapat disekitar Curug. Anda pun dapat bermain dengan air bersih yang mengalir di dinding tebing seperti mata air.

Sampailah kita di dasar lembah Curug Cimahi yang sangat indah. Kita dapat bermain air di aliran Curug Cimahi karena air yang terdapat di sana sangatlah bersih. Bahkan beberapa pengunjung memberanikan diri untuk berenang di sana. Curug Cimahi sangatlah tinggi berbeda sekali dengan beberapa air terjun yang pernah saya singgahi.


Saran saya jika mengujungi Curug Cimahi adalah jangan pergi ke Curug Cimahi pada musim hujan karena jalan menuju situs sangat licin. Usahakan sampai di situs dibawah jam 12 siang agar tidak pulang terlalu sore karena ketika pulang kita harus menaiki tangga yang cukup tinggi dan memakan tenaga. Siapkan fisik dan mental jika tidak anda akan mudah untuk turun ke bawah tetapi sulit untuk pulang ke atas. Jika anda tidak mau masuk angin karena cipratan air curug sebaikya membawa baju ganti. Sekian tips dari saya silahkan mencoba sendiri ke situs ini.

12 komentar:

  1. excited... thx 4 holiday together.. ^_*

    BalasHapus
  2. cra menuju k curug cimahi dri jkart gmn???

    tlg d jwab y...

    jwab'a k email ne ja

    firah_imoedh@yahoo.co.id

    thx.....

    BalasHapus
  3. memang indah curug cimahi terlebih pagi2 bwat jalan2 so pasti sehat tuh..

    BalasHapus
  4. wah, kayaknya asyik neh bertamasya ke curug cimahi :)

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. sangat melelahkan, tapi pada akhirnya akan menemukan pemandangan yang sangat indah! tempat yg menakjubkan.

    BalasHapus
  7. Memang asik jalan2 ke curug cimahi, tapi pulangnya bikin lutut mo copot, tangganya banyaaak banget serasa gak abis-abis, hehe :D.

    BalasHapus
  8. alamat pasti curug cimahi daerah mna.....?

    BalasHapus
  9. qu rencananya baru tgl 18 besok mo ksana.bsa beli oleh2 pa ja disana???

    BalasHapus
  10. masuknya dari lembang arah keparongpong heheehhehehe

    BalasHapus
  11. I was there about 13/14 years ago, I'd usually stay for holiday in Cimahi

    BalasHapus
  12. Halo Bagus. Tulisan yg bagus nih. Just info, di cs tmpakny bagus sring bnget posting ttg nih curug.
    Curug lovers ya? ;p
    Tp brkl kmu mmg curug lovers, g suggest bbrp curug lain u/ bs Bagus bikinin log book yg bagus kaya di atas.
    Kamu bs ke curug layung yg ad diatasnya (also have a nice legendary stories behind it) atau mungkin skalian untaian curug2 pendahulu curug cimahi yg lain (curug bubruk misalny)..
    Atau ke curug yg ad di jatinangor. Yg ad diantara jalan jatinangor dng jalan menuju garut.
    Have a nice try ya.. Ditunggu tulisan2 lainnya. :)

    Warm regards,
    Ignatius Naga from bandung CS

    BalasHapus